Legenda

Luhut Panjaitan: Outer Ring Road Kota Balige akan Dibangun

Administrator | Rabu, 27 Juli 2016 - 13:34:01 WIB | dibaca: 8377 pembaca

Pematangsiantar, 

Selain pembangunan Jalan Tol  Trans Sumatera  yang  lebarnya hingga 100 meter, di Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) juga akan dibangun Outer Ring Road (jalan lingkar). Langkah itu dilakukan untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melewati Kota Balige, serta menopang penataan kota.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan saat menyampaikan kuliah umum di Kampus Sekolah Tinggi Teologia (STT) HKBP Nommensen Pematangsiantar, Senin (25/7/2016).

“Dan sekarang sudah disetujui di Balige akan ada jalan Outer Ring Road sehingga tidak semua kendaraan lewat kota Balige. Dengan dmikian Kota Balige itu akan ditata lebih rapi lagi,” papar Luhut.

Mantan Menteri Perdagangan era Presiden Abdurrahman Wahid itu juga membeberkan, mulai bulan Agustus akan dimulai pembangunan konstruksi terminal Bandara Silangit, overlay jalan menuju bandara, dan penambahan panjang runway  sehingga pesawat ukuran besar seperti pesawat Boeing  737-800 akan dapat dilayani.

Selain itu, sambung Luhut, pada kuartal I tahun 2017 pembangunan Bandara Sibisa akan mulai dikerjakan, demikian juga pembangunan  resort seluas 500 Ha.

“Karena ini menyangkut Danau Toba, Sibisa akan segara dikerjakan pada kuartal pertama tahun depan. Sehingga pesawat jet bisa mendarat disana. Jalannya juga akan diperbaiki. Tadi saya terbang di atas Sibisa, itu ada 500 Ha untuk jadi resort seperti yang di Bali sana “ ungkapnya.

Menyinggung rencana kehadiran Presiden Joko Widodo pada Karnaval Kemerdekaan tanggal 20 Agustus 2016 mendatang di Balige, Luhut mengatakan bahwa peristiwa itu akan menjadi sejarah, karena belum pernah Presiden Indonesia datang ke Danau Toba 3 kali dalam satu tahun dan akan bermalam.

Luhut mengungkapkan, Bupati Tobasa sudah melakukan persiapan penyambutan mulai dari Sopo Surung sampai Kota Balige sepanjang 3 kilometer dengan memakai Ulos. Hal itu diamini Bupati Tobasa Darwin Siagian yang bersama Bupati Humbang Hansundutan Dosmar Banjarnahor dan Bupati Simalungun JR.Saragih hadir pada acara tersebut.

Menteri Luhut berharap, Gereja terlibat aktif dalam penyambutan Presiden Jokowi.

“Kebersihan dan keamanan juga termasuk urusan Gereja, jadi Pendeta harus bisa membuat khotbah tentang kebersihan dan keamanan untuk menyambut kedatangan Presiden RI ke Balige,“ katanya.

Luhut juga mengajak seluruh masyarakat yang ingin menyambut Presiden Jokowi di Balige agar mengenakan Ulos. (bataktodaycom/AT)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)