Destinasi

Luhut Panggil 2 Menteri Bahas Pengembangan Wisata Danau Toba

Administrator | Rabu, 05 Oktober 2016 - 17:04:33 WIB | dibaca: 221 pembaca

Foto: Maikel Jefriando

Jakarta - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, pagi ini mengundang Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri LHK Siti Nurbaya untuk rapat membahas pengembangan kawasan wisata Danau Toba. 

Luhut menerangkan, pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur agar Danau Toba lebih mudah dijangkau. Misalnya jalan raya dari Tebing Tinggi ke Siantar, jalan tol Siantar-Danau Toba, jalan dari Kampung Ajibata ke Bandara Sibisa. Jalan-jalan ini diharapkan bisa selesai kuartal I 2019.

"Kita buat program sinkronisasi semua, jadi supaya 2019 kuartal pertama berharap sudah jadi. Untuk itu infrastruktur jalan dari Tebing Tinggi-Siantar, Siantar-Danau Toba toll road-nya harus jadi, terus kemudian jalan dari pertigaan Kampung Ajibata ke Sibisa 12 km harus jadi dan 3 km dari Sibisa ke resort itu harus jadi," papar Luhut usai rapat di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Selain itu, lapangan terbang Bandara Sibisa harus diperpanjang dan diperlebar agar bisa digunakan untuk pesawat-pesawat komersial berukuran lebih besar. "Sibisa harus selesai 2018, perpanjangan sampai 2.400 meter dan pelebaran 345 meter," ujarnya.

Lalu untuk memenuhi kebutuhan listrik bandara, akan dibangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) 70 MW.

"Kemudian masalah listrik tadi selesaikan itu supaya jangan ada gangguan listrik. Nah di situ akan selesai 70 MW hydro power tahun depan.
Jadi berarti listrik nggak ada masalah," pungkasnya. (detikcom/dna/dna)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)