Legenda

Kemenpar Tambah Anggaran Promosi Internasional Demi Gaet Wisman

Administrator | Senin, 25 Juli 2016 - 16:27:33 WIB | dibaca: 324 pembaca

Bandung - Kementerian Pariwisata terus berupaya mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara. Salah satunya dengan meningkatkan anggaran promosi internasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan untuk melakukan promosi wisata itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, sambung dia, sebagian besar anggaran pariwisata akan dialokasikan untuk promosi internasional.

"Jadi rencana penambahan anggaran sebesar Rp 4 triliun pada tahun ini, separuh lebihnya untuk promosi internasional," kata Arief kepada wartawan di Hotel Trans Luxury, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Senin (25/7/2016).

Arief mengatakan ada dampak dari pengalokasian sebagian anggaran untuk promosi ini. Kemenpar terpaksa mengurangi biaya pengembangan destinasi di Indonesia.

"Anggaran destinasi terpaksa kita turunkan sehingga kita fokuskan hanya untuk 10 destinasi wisata prioritas," jelas dia.

Menurutnya wisatawan mancanegara dampaknya sangat besar bagi Indonesia. Mulai dari peningkatan jumlah devisa, produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja.

Penambahan rute promosi yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat antara lain negara China, India dan Maladewa. Ketiga negara tersebut, kata Arief, memiliki potensi wisatawan yang besar.

"Kami arahkan untuk destinasi di lombok, karena kita tahu okupansi Bandara Internasional Lombok (BIL) masih relatif kurang, itu yang kami kejar," kata dia.

Untuk mencapai target peningkatan jumlah wisatwan mancanegara, ujar dia, pemerintah tentu harus berbenah. Salah satunya dengan mengikuti standar global yang berlaku. Terutama memperbaiki kelemahan-kelemahan dasar Indonesia.

"Jadi kalau kita ingin menjadi pemain dunia, kita harus menerapkan 14 pilar standar yang dikeluarkan World Economy Forum. Kelemahan dasar kita infrastruktur, kebersihan, itu yang kami kejar perbaikannya," ujar dia. (detikcom/rdy/fay)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)